Mengapa Harus Barzanzi?
-
Keberadaan kitab Barzanji di kalangan kaum Muslimin
Kitab ‘Iqdul jauhar fî maulid an nabiyyi al azhar’ atau yang terkenal dengan nama Maulid Barzanji, adalah sebuah kitab cerita riwayat hidup Nabi Muhammad ﷺ yang sangat populer di kalangan dunia Islam, demikian juga di negara kita Indonesia, terutama di kalangan para santri dan pondok-pondok pesantren. Maka, tidak mengherankan jika di setiap rumah mereka terdapat kitab Barzanji ini. Bahkan, sebagian di antara mereka sudah menghafalnya. Sudah menjadi ritual di antara mereka untuk membacanya setiap malam Senin karena meyakini adanya keutamaan dalam membacanya pada malam hari kelahiran Nabi Muhammad ﷺ . Ada juga yang membacanya setiap malam Jum’at karena mengharap keberkahan malam hari tersebut. Ada juga yang membacanya setiap bulan sekali, dan ada juga pembacaan maulid barzanji ini pada hari menjelang kelahiran sang bayi atau pada hari dicukur rambutnya. Sudah kita ketahui bahwa mereka beramai-ramai membacanya dengan berjamaah kemudian berdiri ketika dibacakan detik-detik kelahiran Nabi Muhammad n. Hal ini mereka lakukan pada perayaan maulid beliau pada tanggal 12 Rabi’ûl awwal. Mereka meyakini bahwa dengan membaca barzanji ini mereka telah mengenang dan memuliakan Nabi Muhammad ﷺ , sehingga mereka akan memperoleh ketentraman, kedamaian dan keberkahan yang melimpah. Demikianlah cara mereka untuk mewujudkan cinta sejati mereka kepada Rasulullah ﷺ . 2. Kandungan kitab Barzanji
-
Kandungan kitab Barzanji
Kitab ini mengandung sejarah dan perjalanan hidup Rasulullah ﷺ secara singkat mulai sejak beliau lahir, diangkat menjadi rasul, peristiwa hijrah dan pada peperangan hingga wafat beliau ﷺ . Namun, dalam penyajiannya dipenuhi dengan lafadz-lafadz ghuluw dan pujian-pujian yang melampaui batas kepada beliau ﷺ , terlebih ketika dibacakan masa[1]masa menjelang kelahiran beliau. Disebutkan bahwasanya binatang melata milik orang Quraisy sibuk memperbincangkan kelahiran beliau dengan bahasa Arab yang fasih’, bahwa Asiah, Maryam binti Imran dan bidadari-bidadari dari surga mendatangi ibu Nabi ﷺ yakni Aminah menjelang kelahiran beliau, tanaman yang dulu kering, menjadi tumbuh dan bersemi kembali setelah beliau lahir dan masih banyak lagi kemungkaran dalam barzanji ini, bahkan Rasulullah ﷺ diberikan sebagian hak rububiyah yang tidak layak diberikan kecuali hanya kepada Allah سبحانه وتعالى semata. Semua ini muncul karena sikap ghuluw atau ifrâth dari kelompok yang mengaku cinta kepada Rasulullah ﷺ . Padahal, sikap ghuluw adalah sikap yang tercela dalam agama Islam dan merupakan sebab penyimpangan dan jauhnya kaum Muslimin dari kebenaran yang sebelumnya telah menghancurkan umat pendahulu kita.
Allah سبحانه وتعالى berfirman:
يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ لَا تَغْلُوْا فِيْ دِيْنِكُمْ وَلَا تَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ اِلَّا الْحَقَّۗ
“Wahai ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah سبحانه وتعالى kecuali yang benar”.(Qs. an-Nisa`/ 4:171).
Dari Umar bin Khathab, Rasulullah ﷺ bersabda:
لَا تَطْرُوْنِيْ كَــمَا أَطْرَتِ النَّصَارَى ابْنَ مَرْيَمَ إِنَّمَا أَنَا عَبْدٌ فَقُوْلُوْا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُوْلُهُ
Janganlah kalian menyanjungku secara berlebihan, sebagaimana kaum Nashara menyanjung Isa bin Maryam sesungguhnya aku adalah seorang hamba. Oleh karena itu katakanlah tentang aku, “hamba Allah سبحانه وتعالى dan rasul-Nya. (HR Bukhâri dan Muslim).
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas رضي الله عنهمـا , bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:
إِيَّاكُـــمْ وَالغُلُوَّ فَإِنَّمَا أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ الغُلُوُّ
Jauhilah sikap berlebih-lebihan, karena orang-orang sebelum kalian hancur binasa karena sikap berlebihan. (HR Muslim).
Kitab Barzanji ini, serta kitab-kitab yang semisalnya seperti Maulid Diba’i dan al Burdah dijadikan pegangan oleh para penyembah kubur dan pemuja para wali dan habib dalam rangka mengenang dan membela pribadi Rasulullah ﷺ yang mulia. Hal ini telah dikatakan oleh pendahulu mereka, seorang tokoh Quburi (pengagum kubur) yang hidup semasa dengan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah رحمه الله , yaitu Nuruddin Ali bin Ya’kub yang terkenal dengan nama al Bakri (673-724 H), dia berkata: “Aku sungguh khawatir atas mayoritas penduduk negeri ini (keburukan akan menimpa mereka) dengan sebab mereka enggan untuk membela Rasulullah ﷺ “. Inilah dalih yang menjadi sandaran untuk membenarkan kebid’ahan mereka. Sedangkan pernyataan ini telah dikupas dan dibantah oleh Syaikhul Islam dalam kitabnya al Istighâtsah fî ar-radi ‘alal bakrî1 . Begitulah dalih mereka sejak dahulu hingga sekarang dalam mengadakan acara maulid dan membaca Barzanji atau semisalnya. Mereka membela pribadi Rasulullah ﷺ dengan menganggap bahwa kaum Wahabi tidak cinta kepada Rasulullah ﷺ . Jelas, hal ini merupakan kedustaan yang besar atas ahlus sunnah wal jama’ah, karena Ahlus sunnah wal jama’ah adalah orang yang paling cinta kepada Rasulullah ﷺ namun kecintaan mereka berada di antara ifrâth (ghuluw) dan tafrîth (meremehkan).
Dalam buku Maulid Barzanji ini tidak dijumpai satu ayatpun dari al-Qur‘an dan juga tidak terdapat satu kalimat pun dari sabda Rasulullah ﷺ . Yang ada hanyalah sîrah atau sejarah perjalanan hidup beliau yang tersaji dalam untaian-untaian puisi sebagai sanjungan kepada Rasulullah ﷺ .
Kalau kita renungkan, mengapa kaum Muslimin negeri kita sangat cinta membaca kitab Barzanji ini? Mungkin di antara jawabannya adalah bahwa mereka hanya mengikuti tradisi dari pendahulu-pendahulu mereka, sehingga mereka taklîd buta dalam hal ini.
Padahal mencintai Rasulullah ﷺ bukan dengan membaca kitab Barzanji, tetapi dengan mewujudkan syahâdat “Anna Muhammadan Rasulûllâh” dengan konsekuensi membenarkan beritanya, mentaati perintahnya, menjauhi larangannya, dan tidak beribadah kepada Allah سبحانه وتعالى melainkan dengan syari’at beliau. Inilah cinta sejati kepada Rasulullah ﷺ , yakni dengan merealisasikan mutâba’ah (keteladanan) kepada beliau yang mulia dan menerapkan sunnah beliau dalam kehidupan sehari-hari.
Kemudian, bagaimana sebenarnya sikap seorang muslim terhadap kitab Barzanji ini ? Dan bagaimana dahulu salafus shâlih, para pendahulu kita yang mulia mencintai dan memuliakan Nabi ﷺ ? Dan apakah yang mereka baca dan pelajari dalam keseharian mereka? Apakah kitab Barzanji atau yang kitab yang lain? Semoga pembahasan selanjutnya bisa memberikan jawabannya.
-
Para sahabat Rasulullah ﷺ adalah generasi terbaik
Para sahabat Nabi ﷺ , adalah orang-orang yang paling bersemangat dalam kebaikan dan orang yang paling sempurna dalam mengikuti sunnah Rasulullah ﷺ , dan mereka juga orang yang paling mencintai Rasulullah ﷺ . Tidak ada satu riwayatpun dari mereka, bahwa sepeninggal Rasulullah ﷺ , mereka berkumpul lalu membaca sîrah dan mengenang kehidupan beliau ﷺ yang mulia. Lau kâna khairan lasabaqûna ilaih; seandainya perbuatan itu baik niscaya mereka telah mendahuhuli kita dalam mengamalkannya.
Demikian juga Rasulullah ﷺ , beliau tidak pernah membaca sîrah beliau sendiri, tidak pernah mengajarkannya kepada para sahabat dan juga umatnya agar membaca sîrah pada hari kelahiran beliau ﷺ . Padahal, tidak ada satu kebaikan pun, melainkan telah ditunjukkan oleh Rasulullah ﷺ dan tidak ada satu keburukan pun melainkan telah dilarang oleh beliau. Jadi, pembacaan maulid barzanji dan maulid yang lain adalah bid’ah dhalâlah yang harus dijauhi oleh kaum muslimin.
Rasulullah ﷺ bersabda:
مَـا بَعَثَ اللَّهُ مِنْ نَبِيٍّ إِلَّا كَانَ حَقًّا عَلَيْهِ أَنْ يَدُلَّ أُمَّتَهُ عَلَى خَيْرٍ مَـا يَعْلُمُهُ لَهُمْ وَيُنْضِرُهُمْ شَرَّ مَا يَعْلَمُهُ لَهُمْ
“Tidaklah Allah mengutus seorang Nabi melainkan dia berkewajiban untuk menunjukkan umatnya kepada perkara terbaik yang dia ketahui untuk mereka, dan memberi peringatan atas perkara jelek yang dia ketahui untuk mereka”. (HR Muslim).
Maka, pembacaan Barzanji dan yang semisalnya bukanlah merupakan suatu kebaikan yang ditunjukkan oleh beliau Rasulullah ﷺ .
- Kebaikan yang hakiki hanya ada pada ilmu syar’i yang shahîh.
Di antara tanda-tanda kebaikan seseorang adalah jika dia difahamkan oleh Allah سبحانه وتعالى tentang agama Islam yang murni yang bersumber dari al-Qur’ân dan Sunnah Rasulullah ﷺ dengan pemahaman para sahabat beliau ﷺ yang mulia.
Diriwayatkan dari Mu’awiyah bin Sufyan, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:
مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِـيْ الدِّيْنِ
“Barangsiapa yang dikehendaki Allah سبحانه وتعالى untuk mendapatkan kebaikan maka Dia (Allah) akan memahamkannya dalam agama”. (HR Bukhâri).
Jadi, di antara tanda-tanda seseorang akan mendapatkan kebaikan adalah dengan mempelajari ilmu agama yang bersumber dari al-Qur’ân dan hadits. Kemudian mengamalkan dan mendakwahkannya.
Kalau ditanyakan kepada kebanyakan saudara kita, mengapa mereka asyik membaca kitab Barzanji? Mereka pasti menjawab bahwa mereka hanya menginginkan kebaikan. Demikian juga para pelaku bid’ah, mereka menginginkan kebaikan dalam mengamalkan bid’ahnya. Betapa banyak orang yang menginginkan kebaikan, namun dia tidak mampu memperolehnya, sebagaimana dikatakan oleh sahabat Ibnu Mas’ûd z .
- Kewajiban untuk berpegang kepada al-Qur’ân dan Sunnah
Allah سبحانه وتعالى berfirman:
وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖ
“Dan berpeganglah dengan tali Allah سبحانه وتعالى semuanya dan janganlah berpecah belah”. (Qs Ali-Imrân:103).
Syaikh as-Sa’dit berkata: “ Agar mereka berpegang teguh dengan tali yang Allah سبحانه وتعالى berikan. Dia menjadikannya sebagai sebab antara mereka dan Dia, yaitu agama dan kitab-Nya. Kemudian mereka bersatu di atasnya, tidak berpecah belah dan senantiasa seperti itu hingga mereka mati.2
Al-Qur’ân dan Sunnah adalah pedoman hidup kita dalam beragama dan kunci keselamatan di dunia dan akherat. Keduanya adalah jalan untuk meraih kebahagiaan yang abadi.
Rasulullah ﷺ bersabda:
إِنِّيْ تَرَكْتُ فِيْكُمْ مَا إِنْ تَمَسَّكْتُمْ بِهِ فَلَنْ تَضِلُوْا أَبَدًا : كِتَابَ اللَّهِ وَسُنَّةُ نَبِيِّهِ
“Sesungguhnya aku telah tinggalkan pada kalian apabila kalian berpegang teguh dengannya, maka kalian tidak akan tersesat selamanya; Kitâbullah dan Sunnah Nabi-Nya”. (HR Hâkim).
-
Keutamaan membaca dan mempelajari al-Qur’ân dan Sunnah
Allah سبحانه وتعالى berfirman:
اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَۙ لِيُوَفِّيَهُمْ اُجُوْرَهُمْ وَيَزِيْدَهُمْ مِّنْ فَضْلِهٖۗ اِنَّهٗ غَفُوْرٌ شَكُوْرٌ
Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah سبحانه وتعالى dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah سبحانه وتعالى menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah سبحانه وتعالى Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (Qs. Fâthir/ 35:29-30).
Orang-orang yang membaca kitabullâh akan mendapatkan keutamaan yang besar. Mereka juga tidak meninggalkan membaca sunnah Rasulullah ﷺ dalam memahaminya karena al-Qur’ân dan Sunnah keduanya tidak bisa di pisahkan.
Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin رحمه الله berkata: “Membaca al-Qur’ân itu terbagi menjadi dua:
Pertama adalah tilâwah hukmiyyah yakni membenarkan beritanya, menerapkan hukum-hukumnya dengan mengerjakan perintah dan menjauhi larangannya.
Kedua adalah tilâwah lafdziyah yakni sekedar membacanya, dan telah terdapat dalil yang banyak dalam keutamaan membaca al-Qur’ân ini, baik membaca secara keseluruhan atau sebagian ayat-ayat tertentu saja.3
- Adab-adab dalam membaca al-Qur’ân
Ketika kaum Muslimin gemar membaca al-Qur’ân dan sibuk mempelajarinya, maka sudah selayaknya mereka mengetahui etika dan adab dalam bermuamalah dengan Kitâbullâh.
Di antara adab-adab dalam membaca al-Qur’ân adalah:
- Membaca dengan niat yang ikhlas. Membaca al-Qur’ân adalah ibadah yang mulia. Maka, disyaratkan untuk mengikhlaskan niat hanya mencari wajah Allah سبحانه وتعالى . Rasulullah ﷺ bersabda:
إِقْرَأُوْا القُرْآنَ وَابْتَغُوْا بِهِ وَجْهَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ قَوْمٌ يُقِيْمُوْنَهُ إِقَامَةَ القِدْحِ يَتَعَجَّلُوْنَهُ وَلَا يَتَأَجَّلُوْنَهُ
Bacalah al-Qur’ân dan carilah dengannya wajah Allah سبحانه وتعالى , sebelum datang satu kaum yang berlebih-lebihan didalam memperhatikan (makhraj dan sifat bacaan) al Qur’an sebagaimana memperhatikan lurusnya anak panah, mereka tergesa-gesa dan tidak mengharapkan pahala akherat. (HR Ahmad).
Imam Nawawi رحمه الله berkata: “Makna hadits ini adalah mereka tergesa-gesa dengan upahnya yang berupa uang atau agar terkenal dan semisalnya”.4
- Membaca dengan menghadirkan hati, menghayati apa yang dibaca dan berusaha memahami maknanya.
- Membaca dalam keadaan berwudhu’, karena hal ini lebih memuliakan Kalâmullah
- Tidak membacanya di tempat yang kotor dan najis atau di tempat yang bising sehingga tidak mungkin dia mendengar bacaannya dengan baik, karena ini berarti merendahkan Kalâmullah.
- Hendaknya membaca ta’awwudz; A’ûdzu billâhi minasy syaithânir rajîm atau ta’awwudz yang lain sebelum mulai membacanya
- Hendaknya memperbagus suaranya.
- Hendaknya membaca dengan tartil.
- Melakukan sujud tilawah ketika melewati ayat-ayat sajdah (ayat-ayat yang dianjurkan untuk sujud ketika membacanya).
Kitab maulid Barzanji ternyata dipenuhi dengan kemungkaran aqidah di dalamnya. Dan tidak selayaknya kaum Muslimin asyik membacanya dalam keadaan apapun, apalagi sebagian besar di antara mereka tidak memahami apa yang mereka baca. Perayaan maulid nabi ﷺ tidak disyari’atkan dalam agama kita bahkan termasuk perbuatan bid’ah. Maka, ajakan kami hendaknya kaum Muslimin semuanya kembali kepada ajaran Islam yang murni dengan berpegang kepada al-Qur’ân dan Sunnah di atas pemahaman salaful ummah dan istiqamah hingga wafat menjemput kita. Semoga Allah سبحانه وتعالى ridha terhadap kita
Footnote:
1 Al istighâtsah fî ar-rad ‘ala Al bakri, cet maktabah Darul Minhaj hal 23
2 Tafsîr as-Sa’di, cet. Muassasah ar Risâlah hal 112
3 Majâlis Syahri Ramadhân, cet. ar Riasah al Ammah hal 28
4 at Tibyân fî Adâbi Hamalatil Qur’ân, cet. Maktabah Ibnu Abbas -Yaman hlm 68
Artikel asli: https://majalahassunnah.net/artikel/mengapa-harus-barzanzi/